Aku cinta Indonesia

Kemnaker Klaim Tenaga Kerja Asing Bermanfaat

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Kemenaker minta publik tak mempermasalahkan masuknya tenaga kerja asing (TKA) ke dalam negeri termasuk Proyek Strategis Nasional (PSN).

 

Plt Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker Aris Wahyudi mengatakan keberadaan pekerja asing  di dalam negeri justru bisa berdampak pada penciptaan lapangan kerja baru di Indonesia.

 

“Kalau mau boleh di-clear-kan kita butuh mereka (TKA) untuk ciptakan lapangan kerja baru. Seolah kita yang butuh beda dengan pekerja migran kita yang ke luar negeri untuk cari nafkah,” ujarnya di Kemnaker, Kamis (30/7).

 

Aris mengatakan manfaat ini tercipta karena pekerja asing yang diizinkan merupakan ahli dan terbatas hanya untuk proyek pembangunan dan bukan di bagian produksi.

 

“Kalau pabriknya jadi mereka harus balik kanan, kalau over stay dideportasi,” lanjut Aris. Ia mengatakan tidak ada yang perlu dikhawatirkan keberadaan tenaga kerja asing di Indonesia. Pasalnya, jika dibanding dengan 138 juta orang angkatan kerja di Indonesia, jumlah tenaga kerja asing tidak seberapanya.

 

“TKA kita saat ini tidak lebih dari 100 ribu, proporsinya cuma 0,07 persen. Sementara Pekerja Migran Indonesia di luar negeri ada 9 juta,” imbuhnya.

 

Aris mengakui jumlah tenaga kerja asing berpotensi meningkat dalam beberapa tahun ke depan. Pasalnya Indonesia tengah menggenjot hilirisasi produk hasil tambang sehingga pembangunan smelter akan makin banyak.

 

Kendati demikian ia memastikan proporsinya juga akan tetap di bawah 1 persen jika dibandingkan angkatan kerja di Indonesia.

 

“Infrastruktur termasuk industri apalagi itu konsekuensi Undang-undang Minerba Nomor 3/2020 yang baru. Itu kan kita ga boleh ekspor barang mentah,” tuturnya.

 

Di samping itu penambahan jumlah TKA juga relatif sedikit akibat pandemi Covid-19. Kecuali proyek strategis nasional yang telah dicanangkan, penambahan TKA baru di Indonesia tidak signifikan.

 

“Dengan adanya Permenkumham 11/2020 yang di proyek strategis nasional boleh masuk (selama pandemi) clear di situ. Dan itu kan dievaluasi juga ada yang mundur jadwal proyeknya,” pungkas Aris.

 

(hrf; agt;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200730173343-92-530795/kemenaker-klaim-tenaga-kerja-asing-bermanfaat-ke-ri)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close