Pengalaman Anggota

Mencoba beras organik

Saya baru nyoba makan nasi beras organik, ternyata lebih mengenyangkan dan awet kenyangnya, cocok dimakan dibulan puasa. Memang lebih mahal, itupun saya gak sengaja beli. Pas beras dirumah habis, belanja di Farmer Market deket rumah, yang 5 kiloan mahal semua diatas rp.75.000,- sampai rp.120.000,-

 

Sesudah belanja ini itu sisa uang tinggal rp.50.000,- ada beras harga rp.44.500,- tapi cuma 2 kg ternyata organik. Yaah daripada gak ada nasi buat buka, saya beli aja, sekalian nyoba. Nasinya harum, pulen, ngenyangin lagi, juga gak cepet basi buat sahur atawa buka besoknya.

 

Kawan2 ILP mungkin udah biasa makan nasi beras organik, tapi bagi saya pengalaman pertama. Bener loh. (Kunto Rongamadji)-FR

 

Catatan : Agar lebih lengkap, berikut kelebihan beras organik :

Perkataan ‘organik‘ sebenarnya bermaksud ‘berasal dari tanah’. Membawa arti ‘asli’, alami, tidak tercemar dan lain-lain’, yaitu sifat produk pertanian yang dapat digunakan setiap hari. Beberapa contoh produk organik termasuk sayur-sayuran, vitamin, pasta gigi, sabun, sabun cuci dan lain sebagainya.

 

Bapak teori organik, Dr.Henry Chang, menyatakan bahwa “makanan organik” berarti seluruh produk pertanian yang bebas dari pupuk kimia, bahan kimia atau bahan tambahan sejak permulaan, yaitu seluruhnya alami. Kelebihan padi organik jika dibandingkan dengan beras dari padi yang bukan organik?

 

Manfaat Padi organik

* Bekerja membersihkan darah.

* Membuang racun yang menumpuk dalam sel.

* Membantu regenerasi sel-sel baru.

* Menjaga keseimbangan kadar asam basa tanpa obat-obatan, vitamin atau pun suplemen tambahan.

 

Kelebihan Kelebihan Padi organik

* Memiliki kandungan gizi yang lebih baik. Makanan organik rata-rata mempunyai kandungan vitamin C, mineral, serta phytonutrients (bahan dalam tanaman yang dapat melawan kanker) yang lebih tinggi ketimbang bahan pangan konvensional.

* Makanan organik lebih tahan lama hingga tidak mudah basi.

* Menghemat proses produksi dan mengurangi tingkat kerusakan lingkungan.

 

Bahaya makanan non organik

a. Efek unsur dan pestisida yang terkandung dalam makanan:

* Menyebabkan gangguan kesadaran (cognitive dysfunction) seperti sulit mengeja, membaca, menulis, membedakan warna, termasuk berbicara.

* Memperbesar risiko terhadap gangguan fisik otak.

* Salah satu penyebab kanker payudara.

* Berpotensi menyebabkan masalah pada produksi sperma.

 

b. Ancaman pestisida bagi manusiaan.

* Mengancam generasi penerus. Anak-anak berpotensi terkena lebih banyak pestisida daripada orang dewasa.

* Pencemaran air tanah.

* Boros energi, banyak energi yang dibutuhkan untuk memproduksi pupuk kimia daripada untuk mengolah dan memanen tanaman. (http://beras-bogowonto.blogspot.com/2011/11/kelebihan-dan-manfaat-beras-organik.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close