Kesehatan

Tanda tubuh kebanyakan minum kopi

Jakarta-Tak sedikit orang mengandalkan kopi sebagai minuman untuk membuat lebih ‘melek’. Bahkan, beberapa orang menjadikan kopi sebagai minuman favoritnya. Ketika Anda terlalu banyak minum kopi, tubuh dapat menunjukkan tanda2nya.

 

1-Gelisah suasana hati tak menentu

Terlalu banyak mengonsumsi kopi bisa membuat Anda gelisah. Selain berpengaruh pada sistem saraf pusat stimulan, kopi memblok reseptor adenosin. Akibatnya, kadar adrenalin, dopamin, dan glutamat melonjak hingga menyebabkan Anda berada pada kondisi flight or fight.

“Aktivasi sistem saraf simpatik bisa menimbulkan kecemasan, kegelisahan, peningkatan denyut jantung, mudah marah, ledakan emosi,” tutur Michael Yassa PhD, profesor neurobiologi dan perilaku di University of California, Irvine, kepada Prevention.

 

2-Merasa tak bertenaga

Studi yang diterbitkan di jurnal Neuropsychopharmacology menemukan kafein bisa mengganggu produktivitas. Akibatnya, pekerja merasa lemas, tak bersemangat dan tak bertenaga. Dikatakan ahli gizi OR di St. Augustine, Florida, Jenna Braddock, RDN, banyak orang mengandalkan kafein membantu tetap bertenaga di hari itu.

“Tapi, yang tercipta hanyalah energi palsu. Untuk itu, untuk membuat tubuh berenergi, konsumsilah makanan dengan gizi seimbang kar

 

3-Lebih sering buang air kecil

Seperti diketahui, kandungan kafein membuat kopi bersifat diuretik. Meski belum ada penelitian yang menyebutkan kopi bisa memicu dehidrasi, setidaknya ketika Anda minum kopi tapi tidak minum cukup air, status hidrasi pun tak baik.

“Jika ingin minum kopi, imbangi dengan camilan sehat. Sebab, makanan bisa memperlambat pergerakan cairan ke perut dan sistem pencernaan, hingga akhirnya ke kandung kemih,” kata Braddock.

 

4-Mata kedutan

Mata kedutan? Bisa jadi salah satunya karena kebanyakan minum kopi. National Institutes of Health menyebutkan konsumsi kafein berlebih masuk dalam 3 besar penyebab mata kedutan.

Hasil penelitian di York University, kafein memicu pelepasan serotonin dan noradrenalin, neurotransmitter yang meningkatkan reaktivitas otot dan saraf. Maka dari itu, disarankan mengurangi asupan kopi dan perbanyak minum air putih.

 

5-Perut sering mulas

Kopi punya efek pencahar pada 30% orang. Meski ilmuwan belum tahu sebab pastinya, diduga asam baik pada kopi dan stimulasinya pada usus bisa memicu keinginan buang air besar. Jika hendak minum kopi, baiknya pilihlah kopi dengan kandungan asam dan kafein yang relatif lebih rendah.

 

6-Jadwal tidur tidak teratur

Bahkan minum kopi 6 jam sebelum tidur, itu bisa menyabotase jam tidur Anda. Selain itu, kopi juga bisa mengganggu ritme sirkadian tubuh. Akibatnya, saat bangun pagi tubuh terasa tak bertenaga.

“Tidur penting terutama untuk aspek kognitif. Untuk antisipasi terganggunya jam tidur, jangan minum kopi setelah jam 4 sore” kata Yassa memberi saran. (Radian Nyi Sukmasari; https://health.detik.com/read/2016/12/04/094056/3362161/763/6-tanda-yang-ditunjukkan-tubuh-saat-anda-kebanyakan-minum-kopi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close