Kesehatan

Ingin Si Kecil Ikut Puasa-Tips Dari Ahli Gizi

Ingin Si Kecil Ikut Puasa-Tips Dari Ahli Gizi

(health.detik.com)-JAKARTA; Bulan Ramadan dihadapan kita. Kita semua perlu memaksimalkan dalam berpuasa dan beribadah. Ramadan juga jadi momen melatih si kecil berpuasa.

Dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK mengatakan orang tua harus memerhatikan status gizi anak. Tidak semua anak punya cadangan energi cukup di tubuhnya.

“Ada yg berat badannya kurang jangan dipaksa satu hari penuh, karena cadangan energinya nggak cukup. Tahap awal mungkin usia 7 tahun bisa dilatih setengah hari” jelas dr Juwalita saat ditemui di Senayan, Jakarta Pusat.

 

dr Juwalita juga berbagi tips agar anak tetap mood terbaiknya saat sahur hingga berbuka. Pada waktu membangunkan anak sahur jangan terlalu mepet dengan waktu imsak, ini dimaksud agar anak memiliki jeda waktu antara bangun tidur dengan makan sahur.

“Paling nggak sejam sebelum sahur. Mendingan bangunin dulu, ajak dia terlibat dalam nyiapin makanan atau ajak ngomong dulu, ketika mau sahur moodnya sudah bagus,” lanjutnya.

Selain itu, ortu harus tetap memerhatikan komposisi makanan anak dengan gizi seimbang dan lengkap agar anak memiliki cadangan energi untuk berpuasa seharian. Ingat jangan dipaksa, jika anak merasa pusing dan lemas, sebaiknya segera cek nadi si anak. Jika nadi mulai melemah kemungkinan terjadi dehidrasi atau hipoglikemik (kadar gula dalam darah turun).

“Anak dikasih pemahaman juga kalau pusing kasih tahu ya. Kalau anak ini oke, bertahap bisa diajarin satu hari full,” tandasnya. (wdw/up; Widiya Wiyanti; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4531525/ingin-si-kecil-ikut-puasa-ikuti-tips-dari-ahli-gizi )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close