Wisata dan Kuliner

9 Tempat Kuliner Di Lombok(2/3)

(tripzilla.id)- 4-Ayam Taliwang

Kuliner Lombok ini mungkin sudah tidak perlu lagi dipromosikan. Begitu mendengar kata Taliwang, Anda pasti langsung mengingat ayam bakar dengan pedas yang membakar lidah.

 

Tapi, sensasi kelezatan ayam taliwang tak mungkin Anda lewatkan jika berkunjung ke Mataram, Lombok. Asal mula ayam taliwang berasal dari daerah bernama Karang Taliwang, yang berlokasi di Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Lombok.

 

Namun, resep aslinya dibuat oleh masyarakat Desa Sasak, yang memang terkenal dengan kepiawaian memasak kuliner pedas nan lezat.

 

Ada banyak tempat makan kuliner Lombok di Mataram yang menawarkan menu ayam taliwang, tetapi yang paling tersohor antara lain: Rumah Makan Irama, Rumah Makan Kania, Rumah Makan Pak Udin, dan Rumah Makan H.M. Bahran Moerad.

 

Lokasi: Karang Taliwang, Cakranegara, Kota Mataram
Harga: Mulai dari 40,000 IDR per porsi

5-Sate Rembiga-Dekat Bandara Selaparang

Provinsi NTB punya julukan ‘Bumi Sejuta Sapi’, karena pernah menjadi pusat program pembibitan sapi lokal di Indonesia. Maka dari itu, kuliner berbahan dasar sapi mudah ditemui di Lombok dan sekitarnya. Selain sate bulayak, ada satu lagi sate yang harus Anda coba, yaitu sate rembiga.

 

Nama ‘rembiga’ berasal dari daerah tempat sate ini banyak dijual, yaitu sebuah kelurahan di Selaparang, Mataram, Lombok.

 

Jika Anda makan sate rembiga yang asli, Anda tidak akan menemukan sate ini disajikan dengan bumbu kacang atau bumbu apapun.

 

Pasalnya, daging sapi yang dijadikan sate telah ditumbuk dan direndam dengan cabai merah kering, terasi, bawang putih, dan gula merah selama dua jam. Barulah kemudian sate tersebut dibakar dan dapat Anda santap panas-panas. Menarik, kan?

 

Lokasi: Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, Jalan Dr. Wahidin No. 11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram 83124
Harga: Mulai dari 25,000 IDR (10 tusuk sate)

6-Sate Tanjung-Lombok Utara

Selain sate sapi, ada pula sate ikan yang bisa Anda nikmati jika Anda berkunjung ke Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Mirip dengan sate rembiga, sate tanjung tidak disajikan dengan bumbu. Beberapa warung justru menambahkan pepes kepala ikan sebagai pelengkap.

 

Bahan utama bumbu untuk memasak sate tanjung antara lain: kencur, laos, jahe, kemiri, santan kelapa, dan jeruk limau. Saat dibakar, sate tanjung dilumuri bumbu rempah yang cukup pedas sehingga hasil akhirnya semakin menggoda selera.

 

Para penjual sate tanjung sudah berjualan sejak tahun 70-an, lho. Mereka biasanya berjualan mulai pukul dua siang hingga malam hari. Tertarik untuk mencoba?

 

Lokasi: Desa Tanjung, Kabupaten Lombok Utara
Harga: Mulai dari 1,000 IDR per tusuk

 

(Primadita Rahma; Bahan dari : https://www.tripzilla.id/tempat-makan-kuliner-lombok/19109)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close