Iptek dan Lingk. Hidup

3 Perubahan Positif Bumi Yang Harus Dijaga Usai Pandemi Corona

(inet.detik.com)-JAKARTA; Planet Bumi memulihkan diri saat manusia dipaksa diam di rumah ketika pandemic Virus Corona. Kebaikan yang terjadi ini harus bisa dijaga, meskipun wabah berakhir.

Hal ini dikatakan profesor bidang teknik lingkungan Columbia University, Wade McGilis ke majalah Time, pada (12/4/20). McGilis mengakui Bumi memulihkan diri, tapi dia tidak mau buru-buru menyebutnya sebagai berkah. “Saya melihatnya, tapi saya tidak lantas berpikir itu sebuah berkah,” ujarnya skeptis.

Rupanya McGilis khawatir manusia akan lupa begitu saja dengan keajaiban alam yang memulihkan diri. Begitu wabah Covid-19, mereka akan kembali membabi buta mengeksploitasi dan merusak alam.

Pengurangan polusi di dunia harus berlangsung lama. Para pakar lingkungan khawatir polusi akan kembali seperti dulu atau lebih parah usai wabah corona, jika manusia tidak mau bertobat mengubah gaya hidup yang mengeksploitasi alam. Menurut News.com Australia, ini 3 perubahan besar terjadi di Bumi. 3 Perubahan positif ini yang harus dipertahankan manusia:

 

1-Polusi udara berkurang

Di dunia ada penurunan polusi udara. Foto satelit menunjukkan polusi jauh berkurang di Eropa dan China. Semua orang bahkan di Indonesia merasakan langit biru yang sebelumnya tertutup asap polusi. Nitrogen dioksida akibat asap dari pembakaran BBM berkurang signifikan di kota besar dunia dari Beijing, Paris, Madrid dan Roma. Polusi udara menyebabkan penyakit paru-paru untuk manusia.

Apa kita tega melihat polusi merajalela lagi? Nah, ingat baik-baik nih kalau virus corona sudah hilang. Jangan membabi buta lagi mengeluarkan polusi.

 

2-Emisi Karbon turun

Emisi karbon dioksida turun di berbagai tempat di dunia. Di China turun 25% pada Februari. Di prediksi, emisi gas rmah kaca di Eropa akan turun 24,4% tahun ini karena lockdown. Konsumsi energi turun di mana-mana. Misalnya di Italia turun 10% sejak lock down. Masyarakat hidup lebih hemat energi. Nah, ini juga adalah keberhasilan Bumi. Harus dijaga nih meskipun nanti pandemi berakhir.

 

3-Bumi jadi lebih indah dengan flora fauna

Kanal di Venesia jadi bersih karena lockdown dan tidak ada manusia. Lumba-lumba muncul di Sardinia, Italia. Musang langka muncul di tengah Kota Meppayur, India. Rusa di Kota Nara, Jepang turun sampai ke perkotaan. Di medsos banyak beredar hewan liar dan langka muncul lagi dan masuk ke pemukiman.

 

Manusia hanya bisa melihat dari jendela. Mungkin Anda juga merasakan  melihat burung-burung makin banyak di pepohonan dekat rumah.”Orang-orang berharap, apapun yang kita lakukan, alam punya kekuatan untuk bangkit lagi,” kata profesor dari College of Wooster Ohio, Susan Clayton.

Tuh dengarkan, kalau Anda menghargai jerih payah Bumi memulihkan diri, ayo kita jaga kondisi ini selamanya. Ini sebagai bukti kalau kita adalah orang-orang yang bersyukur pada Tuhan. Sementara itu, kita sekarang jaga kesehatan, jaga jarak, diam dulu di rumah ya

 

(fay/fyk; Fitraya Ramadhanny; Bahan dari : https://inet.detik.com/science/d-4973896/3-perubahan-positif-bumi-yang-mesti-dijaga-usai-pandemi-corona)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close