RSS Feed     Twitter     Facebook

Cara Menghilangkan Bau Gak Tak Sedap Pada Sepatu

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 8 views    Font size:
Cara Menghilangkan Bau  Gak Tak Sedap Pada Sepatu

(cnnindonesia.com)-Jakarta, Memiliki sepatu bau itu masalah menjengkelkan karena selalu terasa serba salah ketika ingin beraktifitas sosial dan berjumpa dengan orang lain. Karena itu penting mengetahui cara menghilangkan bau pada sepatu.

Sepatu yang bau lazimnya bisa dipengaruhi lingkungan, kondisi tubuh terutama kaki, kebiasaan pemakai, dan kondisi fisik sepatu. Iklim tropis dengan kelembapan tinggi seperti Indonesia membuat area dalam sepatu cepat berubah lembap dan hangat.

Lingkungan lembap dan hangat itu membuat sepatu jadi tempat nyaman untuk bakteri berkembang. Bakteri itu membuat sepatu jadi bau yang dapat mengganggu anda dan lingkungan sekitar anda. Dikutip dari beberapa sumber, berikut tips dan cara menghilangkan bau sepatu yang efektif dan benar.

 

Rajinlah mencuuci sepatu

Cari tahu jenis sepatu anda, bisa dicuci atau tidak. Jika jenis sepatu bisa dicuci dan anda ingin pakai mesin cuci, lepaskan tali sepatu dan gunakan pengaturan handwash / pengaturan gentle pada mesin cuci anda. Sebaiknya cuci sepatu secara manual, karena mesin cuci membuat sepatu rusak-tidak awet.

Keringkan sepatu anda di udara terbuka dan jangan masukan ke pengering pakaian. Karena panas dalam pengering pakaian berdampak buruk bagi sepatu.

 

Obat bedak kaki

Bedak kaki berfungsi menyerap kelembaban dan sering beraroma dan mengontrol bau atau deodoran untuk menutupi bau di areal sepatu. Taburi bubuk obat kaki atau bedak biasa ke sepatu sebelum dan sesudah memakai. Ini membantu menjaga sepatu agar kering dan menghambat pertumbuhan bakteri.

 

Gunakan Koran

Cara menghilangkan bau sepatu, gunakan koran. Koran dinilai mampu menyerap bau tidak sedap dengan efektif. Buatlah gumpalan dengan kertas koran, lalu gunakan menyumpal rongga lubang sepatu. Biarkan sumpalan koran itu di penyimpanan agar sepatu tidak bau sekaligus menjaga bentuk sepatu.

 

Ganti Sol sepatu dalam

Rajin ganti sol sepatu. Bahan sol sepatu dalam yang baik dapat mengantisipasi produk keringat berlebih. Sehingga kaki tak mudah bau. Di toko toko kesehatan ada sol dalam sepatu antijamur. Jika anda sulit menemukannya, pilihlah sol sepatu dalam yang berbahan katun. Semua Jenis sol, aman terhadap bau jika rajin menggantinya secara berkala.

 

Jaga kebersihan kaki

Jaga kaki selalu bersih jika tidak ingin punya sepatu bau. Rajinlah menggosok atau membersihkan kaki tiap hari. Cobalah gunakan deodoran pada kaki untuk menghambat berkembangnya bakteri dan jamur penghasil bau, dan akhirnya menghindari bau tak sedap. Lakukan berkala lebih dulu untuk melihat efek samping penggunaan anda.

 

Menyimpan sepatu ditempat yang tepat

Tempat dingin dan kering itu tempat cocok untuk menyimpan sepatu anda, karena bisa menghambat pertumbuhan bakteri-jamur. Coba simpan sepatu yang jarang anda pakai di kotak sepatu. Tambahkan silica gel atau kamper ke kotak sepatu agar kelembapan terjaga dan terhindar dari bakteri dan  jamur.

 

Menjemur sepatu

Cara lainnya dengan menjemur sebagian sepatu anda pada sinar matahari. Taruh sepatu di luar rumah dan biarkan hingga kering. Posisikan sebagian sepatu di bawah sinar matahari, tapi sebagian lainnya bisa ditutupi dengan kertas koran agar tak merusak bahannya. Cara ini efektif menghilangkan bau tak sedap.

 

(paz/DAL; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190814131143-277-421283/cara-menghilangkan-bau-tak-sedap-pada-sepatu)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code