Wisata dan Kuliner

Danau Matano Terdalam Di Asia Tenggara Dan Dihuni Ikan Purba

(travel.okezone.com)-DANAU Matano itu danau terdalam di Indonesia. Dan juga jadi  terdalam di Asia Tenggara dan termasuk jajaran danau terdalam di dunia. Kedalamannya mencapai 590 meter dan panjangnya  28 Km dan lebar 8 Km.

 

Danau Matano berlokasi di pegunungan Verbek, Sorowako, Luwu Timur, Sulsel. Danau ini berdaya tarik tersendiri dengan panorama alam yang cantik dan eksotis. Melansir dari channel YouTube iNews Magazine, Matano ini danau purba yang berusia berabad-abad.

 

Pulau Sulawesi terbentuk karena pertemuan tiga lempeng benua yaitu lempeng Indo China, Lempeng Filipina dan Lempeng Australia. Di pulau ini ada danau yang jadi tempat penelitian ahli karena termasuk satu dari lima danau purba di dunia yaitu Danau Matano.

 

Danau ini surga dunia bagi pencinta water ski atau ski air karena arus air yang cukup tenang jadi cocok buat pemula yang ingin mencoba olahraga tersebut. Ski air merupakan olahraga air, di mana pemainnya menaiki papan di atas air lalu ditarik menggunakan perahu.

 

Danau ini ramai di sore hari. Sebab, banyak warga hendak melihat momen terbenamnya matahari alias sunset. Berdasarkan bahasa setempat Matano berarti dongi atau mata air. Masyarakat lokal percaya bahwa Danau Matano terbentuk karena ribuan mata air yang muncul serta gerakan tektonik.

 

Danau Matano juga berfungsi sebagai sumber kehidupan dan sumber air bagi dua danau lainnya yaitu Danau Mahalona dan Danau Towuti. Ketiga danau ini termasuk Kompleks Danau Malili yang dikelilingi oleh daerah perbukitan yang tersayat oleh patahan atau yang dikenal dengan Sesar Matano.

 

Berdasarkan penelitian dari beberapa ahli geologi dunia, hasil kalibrasi jejak metabolisme bakteri belerang di Matano mirip laut bumi awal. Hal ini sesuai hasil jejak bebatuan yang lebih tua dari 2,5 miliar tahun silam. Salah satu bukti danau purba ini yaitu banyak ikan endemik yang diyakini sebagai ikan purba.

 

Masyarakat meyakini banyak ikan purba yang hidup di dasar danau pada ketinggian 382 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu. Melansir dari laman Indonesia.go.id, Danau Matano jadi rumah sejumlah fauna eksotis. Beberapa faunanya hewan langka hanya ada di danau ini yaitu ikan Butini (Glossogobius Matanensis).

 

Ikan Butini bagi warga setempat dijuluki sebagai ikan purba karena kemiripannya yang kecoklatan serta bentuknya seperti binatang purba. Selain ikan Butini, fauna lain yang bisa kita temukan adalah kepiting Bungka (Paratelphusa), dan keong air tawar (Brotia).

 

(put;  Mustafidhotul Ummah; Bahan dari : https://travel.okezone.com/read/2020/10/09/408/2291099/danau-matano-terdalam-di-asia-tenggara-dan-dihuni-ikan-purba)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close