Selingan

Asri Welas Mengenang Didi Kempot

(suaramerdeka.com)-AKTRIS Asri Welas mengenang sosok Alm Didi Kempot, penyanyi campur sari. Hal itu dia sampaikan lantaran sebelumnya Asri terlibat di film Sobat Ambyar. Film yang tayang 14/1/2021 itu bercerita sosok Didi Kempot.

Sambil mengenang sosok ‘Godfather of the Broken Heart’ itu, Asri bercerita 11 tahun dia menari dari panggung ke panggung bersama Guruh Soekarnoputra. Ia lihat perjuangan Didi Kempot dalam melestarikan budaya Jawa, yang awalnya dipandang sebelah mata.

Jelang perilisan film ini, wanita yang juga desainer itu menceritakan awal keterlibatannya dalam film itu, termasuk alasan kenapa orang-orang harus menonton Sobat Ambyar.

“Karena aku pertama ditelepon, aku di tiap film itu belajar dari semua yang ada di cerita film, termasuk di Sobat Ambyar. Di film ini aku benar-benar belajar merasakan keperihan jadi Sobat Ambyar. Karena aku bersama Mas Didi Kempot, bener-bener berjalan bersama di bidang budaya,” ujarnya

“Sampai akhirnya, kita punya Sobat Ambyar besar. Bukan cuma orang Jawa, Sunda, Medan, Kalimantan, bisa mempersatukan bangsa Indonesia ini lewat lagu orang Jawa. Jadi, kita tidak lagi memikirkan rasnya apa, asalnya dari mana, sukunya apa gak,” kata dia.

“Mas Didi berhasil membuat kita semua jadi satu. Anak muda, millenial, gen Z, juga yang sudah campur sari zaman dulu. Sehingga menurutku salah satu pahlawan budaya bangsa Indonesia,” sambung dia.

Menurut Asri, alasan kenapa orang-orang harus menonton film ini karena ini merupakan karya terakhir sang maestro itu. Di mana begitu selesai pembuatan film tersebut, Didi Kempot dipanggil Tuhan YME.

“Jadi, itu membuat hatiku ambyar. Merasa sedih dan film ini begitu merepresentasikan rasa gimana kehilangan. Gimana kehilangan sahabat, bagaimana kehilangan sosok budaya yang bekerja sangat konsisten di bidangnya sehingga diapresiasi oleh bangsanya,” kenang Asri sambil menangis.

Maka dari itu, menurut Asri, Didi Kempot pantas dapat apresiasi, karena telah berhasil mempersatukan bangsa Indonesia lewat lagu dan rasa.

(Penulis : VIVA;  Bahan dari : https://www.suaramerdeka.com/entertainment/film/252175-asri-welas-mengenang-sosok-didi-kempot)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close