Wisata dan Kuliner

Topping Boba Yang Ditambahkan Pada Bubble Tea

(kumparan.com)-Minuman populer asal dari Taiwan ini sajian teh yang dikombinasi susu atau perasa lain, lalu dikocok hingga berbusa. Minuman teh itu lalu ditambahkan dengan beragam topping mulai dari puding, jeli, hingga yang terpopuler bernama ‘boba’.

 

Boba adalah bola2 kenyal terbuat dari tepung tapioka. Keistimewaan topping ini bukan terletak cita rasanya, melainkan teksturnya kenyal dan membal, memberi sensasi seperti mengunyah permen karet.

 

Meski sebagian besar boba terbuat dari bahan sama (tepung tapioca), namun topping ini punya  varian2 jenis dan ukuran beda. Coba perhatikan menu yang tertera di toko bubble tea favorit Anda, pasti akan banyak pilihan topping bola kenyal tersebut yang terkadang membuat bingung.

 

Ada yang ukuran kecil, ada yang diberi isian sirup, ada yang berwarna transparan. Agar tak bimbang saat menentukan jenis boba mana yang ingin kita tambahkan ke sajian bubble tea, berikut kumparanFood rangkum lima jenis boba yang umumnya digunakan sebagai topping bubble tea:

 

1-Clear Boba

Boba bening ini terbuat dari tepung tapioka yang dibentuk jadi bola2 ukuran mutiara. Karena tidak ada tambahan perasa, boba ini berasa hambar, jadi kerap dipadukan bersama bubble tea susu manis. ‘Mutiara tapioka’ itu menyerap susu dan teh, sehingga mampu menyatu dengan sajian the. Sama halnya bila teh chai tea, bola boba bening berasa sama seperti chai tea.

 

2-Black Boba

Black boba ini boba bening diberi campuran gula merah atau karamel. Campuran bahan ini membuat black boba bertampilan warna gelap. Karena diberi tambahan gula atau karamel, bola boba jenis ini menghasilkan cecapan rasa manis yang tipis saat disantap.

 

3-Flavored Boba

Sesuai namanya, flavored boba ini bola2 topping dibalut sirup sebagai penambah rasa. Dilansir Spoon University, cita rasa sirup tambahan ini beragam, mulai rasa buah-buahan, hingga cita rasa eksotik seperti kelapa atau lidah buaya.

 

Biasanya, flavored boba untuk sajian smoothies atau jenis teh seduh klasik, contoh teh hitam atau teh hijau. Boba aneka rasa sering sebagai topping pada sajian es krim atau frozen yogurt yang menyegarkan.

 

4-Popping Boba

Bila jenis2 boba berupa bola2 kenyal, beda halnya dengan popping boba. Jenis boba ini diberi ‘suntikan’ ber-macam2 sirup perasa sebagai isian, agar bersensasi meledak saat di dalam mulut. Pembuatannya unik, pakai teknik molecular gastronomy, cairan yang diberi tambahan perisa rasa dikombinasikan bersama sodium alginat.

 

Campuran ini dimasukkan ke mangkok yang berisi kalsium klorida, dan ditambahkan sesendok air hingga membentuk gelembung. Gelembung itu bertransformasi jadi bola boba. Karena bahan baku dan cara membuatnya tak sama, tekstur dari popping boba tidaklah kenyal seperti jenis boba lainnya.

 

5-Mini Boba

Bila kurang suka ukuran bola boba besar dan kerap ‘macet’ di sedotan, mini boba bisa jadi pilihan. Tak cuma lebih mudah disantap pakai sedotan, ukuran lebih mini membuat teksturnya tak terlalu kenyal, sehingga lebih mudah dikunyah.

 

Karena berukuran lebih kecil, mini boba perlu waktu memasak lebih sedikit. Jenis boba mungil ini cocok untuk dipadukan sebagai topping frozen yogurt dan memberi ‘kejutan manis’ dalam sajian bubble tea. (Bahan dari : https://kumparan.com/@kumparanfood/5-jenis-topping-boba-yang-kerap-ditambahkan-pada-bubble-tea-1541774226736930418)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close