Psikologi

Bahaya Zona Nyaman Bisa Menyerang Anda

(idntimes.com)- Zona nyaman selalu bikin nyaman. Kita tidak perlu sibuk, tak perlu peduli, tak perlu lelah berlebihan, tak perlu menghadapi tantangan sulit dan tak perlu merasakan penderitaan. Namun, Anda jadi kehilangan kesempatan untuk melejitkan potensi diri.

 

Jika masa muda Anda habiskan untuk bersantai ria, maka Anda telah menyia-nyiakan waktu berharga untuk mengembangkan diri. Lalu, apa yang terjadi jika Anda buang waktu dengan percuma? Yuk, simak ulasan berikut ini!

 

1-Anda gak bakalan siap menghadapi perubahan

Apa jadinya jika Anda tetap bertahan dalam zona nyaman? Di antaranya, Anda akan gagap dengan perubahan. Dunia secara keseluruhan maupun sekitar akan mengalami dinamika tanpa bisa kita tahan.

 

Perubahan di sektor pendidikan, budaya, tren teknologi, ekonomi dan aspek lain. Perubahan-perubahan itu menuntut kita belajar dan banyak menggali informasi jika kita ingin bertahan di tengah dinamika.

 

2-Perkembangan diri Anda akan terhambat

Tidak hanya gagap dengan perubahan, Anda juga akan sulit berkembang akibat terbiasa pada zona nyaman. Alah bisa karena biasa. Jika sejak dulu Anda terbiasa bekerja keras baik di fase mudah maupun sulit, maka perubahan tak akan terlalu membuatmu terhambat dalam mengembangkan diri.

 

3-terpasung banyak jenis  rasa takut

Saat Anda terbiasa dalam zona nyaman, Anda akan dihinggapi banyak rasa takut. Rasa takut akan tantangan, takut merasakan kesibukan, takut diandalkan, takut merasa lelah, takut akan kegagalan, dan takut segala sesuatu di luar ekspektasi.

 

Rasa takut itu membuat Anda sulit berkembang dan menghadapi perubahan. Rasa takut itu juga akan menghalangimu dalam melangkah lebih maju.

 

4-Tidak bisa melihat peluang sebagai kesempatan

Banyak orang bisa sukses karena memanfaatkan peluang menjadi kesempatan emas baginya. Tidak hanya itu, kesiapan seseorang juga berpengaruh terhadap peluang yang menghampiri.

 

Ada juga orang yang bisa mendapatkan kesempatan namun tidak dibarengi dengan kesiapan dan kelayakan diri. Begitu juga sebaliknya.

 

5-Sukses tak akan bisa bertahan

Bahkan kembali ke zona nyaman setelah bekerja keras pun tak kalah berbahaya. Seolah-olah, Anda ingin beristirahat panjang padahal perjalanan keberhasilanmu masih perlu dilanjutkan dan banyak evaluasi.

 

Keluar dari zona nyaman harus menjadi kultur yang mengakar dalam pikiran, mental dan tindakan keseharian kita. Supaya, kesuksesan kita tak hanya bertahan seumur jagung.

 

Nah, itulah bahayanya jika Anda mempertahankan diri dalam zona nyaman. So, tugas kita adalah keluar dari sana sesegera mungkin

 

(Verified Writer Uswatun Niswi; Penyuka fiksi dan animasi; Bahan  dari : https://www.idntimes.com/life/inspiration/uswatun-niswi/bahaya-zona-nyaman-yang-bisa-menyerangmu-c1c2)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
  • Stres

Back to top button
Close
Close