Kesehatan

2 Jenis Sakit Punggung Serta Cara Mengatasinya

 (1health.id)- Sakit punggung bisa mengganggu aktivitas. Rasa tak nyaman akibat nyeri punggung  membuat Anda merasa tak ingin melakukan apapun kecuali bersandar. Itupun dengan posisi senyaman mungkin.

 

Sebab, berubah posisi sedikit saja, rasa nyeri menjalar ke seluruh punggung. Hampir semua orang pernah mengalami sakit punggung, setidaknya 1x dalam hidup mereka. Secara umum, sakit punggung bisa dibedakan menjadi dua, yaitu sakit punggung atas (bagian punggung yang tersambung dengan rusuk) dan sakit punggung bawah.

 

Beda lokasi sakit punggung yang Anda alami, beda pula penyebab dan cara mengatasinya. Berikut ini dua jenis sakit punggung yang bisa Anda alami.

 

Sakit punggung atas

Sakit punggung bagian atas biasanya akan dirasakan dari punggung bawah hingga bahu dan leher. Hal ini bisa disebabkan oleh cedera pada otot dan urat yang tertarik. Misalnya, akibat kecelakaan atau cedera saat berolahraga.

 

Selain itu, postur tubuh yang salah, kegemukan, dan otot perut yang lemah bisa menyebabkan gangguan bagi keseimbangan tulang belakang, sehingga menyebabkan leher makin membungkuk dan berakibat sakit punggung.

 

Cara meredakan

Untuk meredakan sakit punggung atas, Anda bisa mengonsumsi obat antinyeri dan melakukan teknik peregangan atau relaksasi untuk menghilangkan ketegangan otot leher dan punggung atas.

 

Sakit punggung bawah

Sakit punggung bawah umumnya dirasakan di bagian dasar punggung. Rasa sakit ini terjadi setelah mengangkat barang yang terlalu berat. Akibatnya, otot punggung bawah tertarik atau terlalu meregang.

 

Selain itu cedera terjadi secara langsung seperti benturan juga mengakibatkan sakit punggung bawah. Kondisi ini menyebabkan otot punggung bawah tegang atau keseleo, yang menimbulkan nyeri dan kadang kejang otot. Berat badan berlebihan, merokok, dan stres juga berpengaruh pada sakit punggung bawah.

 

Cara meredakan

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengompres punggung dengan kompres air dingin. Bila sakit punggung yang Anda rasakan terjadi berkepanjangan dan tidak reda dengan perawatan di rumah, Anda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan yang lebih tepat.

 

(Article By Rianti Fajar; Bahan dari :  https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/2-jenis-sakit-punggung-dan-cara-mengatasinya.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close